Laman

Kamis, 29 Januari 2015

Keterlambatan iPhone 6 Memicu Maraknya Blackmarket

Keterlambatan iPhone 6 Memicu Maraknya Black Market
Dua model smartphone Apple terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus bakal resmi dipasarkan pada 19 September mendatang di Amerika Serikat, beberapa negara di Eropa serta Asia, seperti Hong Kong dan Singapura. Ada satu lagi pasar menjadi tujuan utama Apple, yaitu China. Namun kemungkinan besar, iPhone 6 bakal terlambat datang di pasar smartphone terbesar di dunia itu. Hal inilah yang kemudian diprediksi bakal memicu permintaan iPhone 6 di pasar gelap atau black market (BM) akan meningkat drastis.
iphone 6
Di China, kehadiran iPhone baru ini mendapat sambutan begitu banyak. Dalam berbagai thread diskusi di website Weibo, pembahasan tentang iPhone 6 mencapai lebih dari 1,65 juta komentar. Mayoritas dari mereka membicarakan tentang spesifikasi dan harganya yang terlalu mahal. Bahkan pada 2011 silam, ada seorang remaja di China yang rela menjual organ ginjalnya hanya untuk membeli iPad dan iPhone.
Banyaknya penggemar Apple di Daratan China ini diiringi dengan penundaan iPhone 6. Kemungkinan, sekalipun iPhone 6 resmi hadir di China, pasokannya pun bakal terbatas. Pada akhirnya, konsumen akan mengakses ke sejumlah ritel online lokal yang menawarkan iPhone 6 versi BM. Ini cukup ironis karena iPhone terbaru justru dirakit di beberapa wilayah di China.
Lo Lau, pemilik toko smartphone di China, dikutip dari WSJ, memprediksikan, angka penjualan iPhone 6 di pasar gelap bakal meningkat sekitar 20 persen hingga 30 persen. “Kami melihat antusiasme tinggi terhadap iPhone 6 di tengah para konsumen China,” ujarnya
Pedagang ponsel ilegal dan tak terkecuali konsumennya sendiri, kemungkinan besar bakal menyelundupkan kedua model iPhone 6 dari Hong Kong melalui jalur perbatasan. Bila di Indonesia, jalur penyelundupan ponsel populer, biasanya terjadi di Batam karena wilayahnya berbatasan dengan Singapura.
Sejumlah analis memandang, keterlambatan ini merupakan hal yang aneh. Ini mengingat sejak dua tahun lalu atau pada peluncuran iPhone 5, China selalu masuk dalam daftar perilisan iPhone terbaru bersamaan dengan beberapa negara lainnya. Hanya ada satu hal yang membuat masalah ini muncul, ulah pemerintah China. Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China dikabarkan, tidak menyertakan dua model iPhone terbaru dalam daftar persetujuan ponsel yang dijual di China atau setidaknya masih ditangguhkan.
iphone 63
Kelangkaan iPhone 6 dan sikap tak sabar fanboy ini, membuat pedagang pasar gelap bisa mempermainkan harga iPhone 6 versi BM itu dengan alasan barang sulit didapat.
Harga pre-order iPhone 6 sendiri untuk pasar Singapura, dijual mulai dari Rp 9,3 juta, sedangkan iPhone 6 Plus sebesar Rp 10,8 juta. Di Indonesia, bahkan sudah ada beberapa pedagang online yang menawarkan iPhone 6 versi BM. Harganya pun cukup fantasis, di kisaran Rp 12 juta hingga Rp 17 jutaan.
BLACK MARKET IPHONE 6 IPHONE 6 BM IPHONE 6 PLUS PASAR GELAP
Random Articles
pr-telah-lahir-casing-full-tow…
in:  Direct Release   |   January 8, 2014 - 17:45   |  by:  Friska Suryawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar